Cara Menciptakan Iklim Belajar di Sekolah yang Nyaman

By | October 17, 2016

Cara Menciptakan Iklim Belajar di Sekolah yang NyamanSalam sukses buat anda, semoga selalu dalam lindungan rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Kali ini postingan saya akan membahas lengkap tentang bagaimana cara menciptakan iklim belajar di sekolah yang nyaman untuk anda.

Banyak sekali faktor-faktor yang sangat mempengaruhi semangat anak, dalam kegiatan belajar para siswa di dalam sekolah terutama adalah kondisi dalam sekolah itu sendiri sebagai dasar dari awal kegiatan belajar yang nyaman.

Memang bukanlah hal mudah untuk menciptakan suatu kondisi yang memberikan kenyamanan dalam kegiatan pembelajaran. Banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat melakukan kegiatan belajar mengajar yang efektif.

Disini saya hanya menyampaikan dan sekedar berbagi untuk anda dan mohon dimaklumi jika ada kesalahan nantinya.

Seperti yang saya katakan di atas bahwa bukan hal mudah bagi guru untuk memberikan sebuah kenyamanan. Terkadang hanya karena alasan tuntutan kehidupan sebagai pengajar, seorang guru tidak memperdulikan bagaimana menciptakan kondisi yang efektif agar sebuah pembelajaran dapat diterima oleh siswa di sekolah.

Seorang guru harus memiliki pemahaman yang kolektif bagi para siswa didiknya agar dapat menciptakan sebuah iklim belajar di sekolah yang nyaman. Kehadiran seorang guru adalah orang tua para bagi siswa dan dituntut bagi seorang guru untuk memberikan kehangatan bagi para siswanya agar bisa menciptakan sebuah iklim belajar di sekolah yang nyaman.

Menjadi seorang guru adalah sebuah tantangan dimana seorang guru berada diantara sekian banyak murid dengan cara berfikir, tingkah laku, kondisi, dan tingkat kemampuan bersosialisasi yang berbeda.

Seorang guru dituntut untuk mampu memberikan akses pembelajaran seperti yang pada umumnya dan dapat diterima dengan baik oleh setiap anak. Misalkan, seorang guru melakukan kegiatan mengajar dengan sebuah gaya sebagai ciri khas yang menarik. Ciptakan kegiatan belajar bervariasi yang dapat menarik perhatian anak. Intinya adalah membuat mereka merasa nyaman.

Guru adalah orang tua di sekolah. Dimaksudkan disini adalah guru dituntut menjadi pembimbing sekaligus orang tua yang mengayomi, melayani, dan menyayangi anak. Dibutuhkan sekali sifat dan kebiasan yang unik dari seorang guru seperti yang dilakukan setiap orang tua kepada anak kesayanganya.

Tujuanaya adalah agar setiap murid merasa bahwa kehadiran anda adalah keceriaan bagi mereka. Mereka tidak asing kepada anda, mereka memiliki ketergantungan/saling membutuhkan kepada anda seorang guru. Mereka mengenal bahwa guru yang ini adalah guru yang kami tunggu-tunggu kedatangannya. Sehingga dapat tercapai sebuah iklim belajar di sekolah yang nyaman.

Sangat penting bagi seorang guru dapat melakukan hal demikian dengan ikhlas. Hal demikianlah yang sangat berpengaruh dalam menciptakan iklim belajar di sekolah yang nyaman. Selain itu anda juga pastinya akan mendapatkan sebuah kelebihan dan mendatangkan sebuah manfaat dalam kehidupan anda.

Menjadi pribadi yang baik di setiap lingkungan entah di lingkungan manapun akan memberi dampak yang positif bagi anda dalam pencitraan anda, asalkan itu datang dari kesadaran anda sendiri dan bukan karena faktor tuntutan.

Facebook Comments