Wajib Dibaca!! Ternyata Jam sekolah di Jepang Seperti Ini

By | October 17, 2016

Jam sekolah di JepangIya benar sekali Jepang! Jepang adalah negara maju dengan tingkat kemajuan dalam bidang teknologi dan pendidikan yang sangat luar biasa. Banyak sekali produk Indonesia yang menggunakan teknologi Jepang. Tau gak si di negara kita ini, sering sekali  dengar seseorang mengatakan kata-kata “ini si teknologi Jepang” sudah pasti jika ada embel-embel kata seperti itu berarti mengungkapkan sebuah bentuk barang dengan tingkat dan kualitas yang unggul, seperti itu katanya! hemmhh… bisaan ajah si Jepang yah kalau membuat sesuatu, hehe…

Ngomong-ngomong di sini ada sebuah pembahasan yang akan saya bagikan dengan anda bertemakan Jam sekolah di Jepang. Tentunya untuk anda yang belum pernah ke Jepang, hal ini dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan.

Menurut salah seorang teman saya yang pernah tinggal di jepang dan melakukan study/sekolah di negeri sakura (Jepang) mengatakan demikian “untuk jam sekolah SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi memiliki jam pelajaran dengan waktu yang berbeda dan kegiatan yang berbeda pada tiap tiap tingkatan sekolah tersebut.

Di jepang mahasiswa biasanya bangun sekitar pukul 7:00 atau lebih dan sekolah dimulai pada pukul 8:30. Sekolah reguler mungkin berakhir sekitar pukul 3:30 (SD sedikit lebih awal). Tetapi kemudian siswa memiliki kegiatan setelah sekolah yang dapat menjadi kegiatan mereka nanti. 97% dari anak Jepang memiliki kegiatan setelah sekolah. Sedangkan untuk sekolah dasar dan menengah Jepang mulai sekitar 80%.

Pada setiap awal minggu, setiap hari senin apel pagi diadakan sebelum pelajaran dimulai. Semua orang menghadiri selama lima belas menit termasuk kepala sekolah dan semua jajaran yang ada di sekolah tersebut. Pada hari-hari lain dalam seminggu, waktu ini dihabiskan untuk membuat pengumuman dan melakukan absen kehadiran di kelas. Setelah itu barulah pelajaran dimulai.

Setiap pelajaran berlangsung  antara 40-45 menit di sekolah dasar. Sedangkan untuk sekolah menengah sampai 50 menit untuk setiap jam pelajarannya.

Siswa diberi  waktu istirahat 5 sampai 10 menit setelah belajar dan rutin dilakukan pada setiap satu jam pelajaran. Biasanya pada waktu pagi ada empat pelajaran dan bagi sekolah dasar memiliki 20 menit istirahat.

Untuk waktu makan siang dimulai pada jam 12:30 dan berlangsung selama 40 menit. Di sekolah-sekolah umum, sekolah selalu menyediakan jatah makan siang dan para siswa makan di dalam kelas dan bertanggung jawab untuk membersihkannya setelah selesai.

Setelah makan siang dijadikan sebagai waktu untuk istirahat sekitar 20 menit. Beberapa sekolah menggunakan waktu ini untuk membersihkan ruang kelas. Para siswa memindahkan meja dan kursi untuk satu sisi ruangan, kemudian menyapu lantai, membersihkan papan tulis, dan membuang sampah. Setelah itu pelajaran sore dimulai lagi.

Untuk jenjang pendidikan yang lebih rendah lagi dari sekolah dasar (kalau di Indonesia ya TK atau PAUD) pembelajaran hanya di pagi hari dan anak-anak  diperbolehkan pulang ke rumah setelah makan siang.

Tapi di sekolah dasar atas (SDA) kalo di Indonesia SMA dan universitas ada lima mata pelajaran setiap hari. Disana siswa sekolah menengah harus menghadiri enam mata pelajaran pada beberapa hari dalam seminggu sesuai dengan jadwal yang ada.

Siswa sekolah dasar dapat memilih berbagai macam klub setelah selesai pelajaran sekolah yang biasanya dilakukan seminggu sekali. Melalui kegiatan klub siswa memiliki kesempatan untuk menerima pelatihan dalam olahrag ataupun untuk memperdalam pemahaman mereka tentang subyek yang menarik perhatian mereka. Siswa sekolah dasar di Jepang biasanya meninggalkan sekolah pada pukul 03:00 sore.

Setelah siswa masuk sekolah menengah kalau di Indonesia SMP,siswa biasanya mengambil kegiatan ekstrakurikuler dengan peran yang lebih besar. Mereka dipertemukan dengan beberapa klub sekali dalam seminggu dan siswa dilarang meninggalkan sekolah sampai sekitar 05:00 sore.

Mereka semua mungkin memiliki pelajaran lanjutan hingga pukul 22:00 atau kurang dari jam 22:00. Semua ini dilakukan untuk masuk ke sekolah tinggi terbaik atau perguruan tinggi di jepang. Sangat sibuk dan menuntut sebuah kewajiban. Di jepang tahun ajaran baru dimulai pada bulan April.

Sekian artikel dari saya tentang Jam sekolah di Jepang, semoga anak Indonesia bisa serajin anak Jepang.

Salam sukses dan terimakasih.

Facebook Comments