Apa Janji Jokowi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Guru?

By | June 5, 2016

Janji Jokowi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan GuruPengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (Sulistyo) telah menyampaikan semua keluhan yang dialami semua guru di Indonesia khususnya untuk guru bantu dan guru honorer. Masalah yang dibicarakan Sulistyo dengan Jokowi ini terkait masalah kesejahteraan guru yang sekarang ini sangat jauh dari harapan. Beliau bertemu dengan Pak Jokowi di Istana Presiden pada tanggal 6 April 2015 kemarin dan hasilnya Pak Jokowi berjanji akan meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia.

Beberapa hal yang dijanjikan oleh Pak Jokowi diantaranya adalah akan mengangkat semua Guru Bantu di Indonesia yang jumlahnya kurang lebih 6000 orang dalam waktu 3 tahun itu. Memang untuk saat ini apa yang dijanjikan oleh Pak Jokowi tersebut hanyalah wacana belaka, namun Pak Presiden berjanji secepatnya akan membicarakan masalah tersebut dengan MenPan dan Gubernur agar segera direalisasikan. Kita semua berharap semoga apa yang dijanjikan oleh Pak Jokowi tentang meningkatkan kesejahteraan guru ini bukan hanya wacana untuk menenangkan para Guru Bantu di Indonesia.

Kemudian selain masalah Guru Bantu, Sulistyo dan Jokowi juga membicarakan masalah Guru Honorer. Menurut Sulistyo sesuai dengan undang-undang Guru dan Dosen, Guru Honorer berhak untuk mendapatkan upah hidup minimum di Indonesia yaitu sekitar 2 juta rupiah setiap bulannya. Bayangkan dengan kenyataan yang selama ini dialami oleh para guru honorer di Negeri Indonesia tercinta ini. Para Guru Honorer hanya mendapatkan penghasilan sekitar 400 ribuan saja setiap bulannya. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang sangat miris di Indonesia ini.

Kita semua berharap semoga saja di bawah kepemimpinan baru Jokowi – Jusuf Kalla ini akan ada sejarah baru di dunia pendidikan di Indonesia dengan menerapkan upah minimum untuk para Guru Honorer yang sampai saat ini tetap setia untuk mengabdikan dirinya kepada negara.

Facebook Comments