Wajib Dibaca! Kebutuhan Guru SD Tahun 2017 Mencapai 188 Ribu

By | October 6, 2016

Kebutuhan Guru SD Tahun 2017 Mencapai 188 RibuSalam bahagia untuk anda semua, terutama untuk anda para pns atau cpns guru semoga selalu dalm rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini artikel yang akan saya bagikan adalah informasi mengenai profesi guru terutama di sini untuk guru SD. Dalam bidang ini kemungkinan besar pemerintah akan tetap membuka  rekruitmen guru PNS secara regular.

Tidak menutup kemungkinan juga pemerintah akan membuka rekruitmen untuk para CPNS baru. Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari sumber terpercaya sebagai berikut untuk.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memperkirakan bahwa tahun depan kebutuhan Guru SD tahun 2017 mencapai  188 ribu lebih. Pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah solusi untuk pemenuhan guru telah dipersiapkan.

Menurut pemerintah kebutuhan Guru SD tahun 2017 yang paling tinggi adalah kebutuhan untuk kelompok guru kelas yang mencapai jumlah 97.277 guru. Kemudian disusul penambahan untuk guru pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) sejumlah 64.203 guru dan penambahan guru muatan lokal (mulok) sebanyak 26.525 orang.

’’Prediksi kekurangan ini hanya untuk di SD negeri saja,’’ kata Direktur jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata kemarin (14 Agustus). Dirjen Pranata menuturkan sebab akibat kekurangan guru pengajar sekolah dasar (SD). Prediksi kekurangan guru itu mempertimbangkan tidak adanya pengangkatan guru baru.

Kemudian terjadi penambahan rombongan belajar akibat penambahan jumlah penduduk dan terjadi pengurangan guru akibat habis masa kerjanya / pensiun. Menurut Pranata hitung-hitungan kebutuhan guru di  sekolah dasar (SD) negeri itu sudah memasukkan juga jumlah guru honorer, guru tidak tetap (GTT), serta guru non PNS.

Pranata juga berharap melalui adanya program rekruitmen PNS guru garis depan (GGD), kebutuhan guru itu dapat terpenuhi.

Tahun ini jumlah kuota PNS guru garis depan (GGD) mencapai 7.000 orang guru. Pranata juga berharap rekruitmen guru PNS tetap dibuka secara reguler. Namun dia menegaskan kewenangan untuk membuka atau menyelenggarakan rekruitmen bagi CPNS baru berada di dalam kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Dirjen Sumarna Pranata juga menjelaskan adanya masalah lain yaitu distribusi kebutuhan guru di SD negeri yang tidak merata. Guru-guru negeri di pinggiran kota kerap mengalami kekurangan tenaga guru. Sementara Sekolah Dasar Negeri di tengah kota gurunya melimpah. ’’Kita menginginkan program redistribusi guru akan berjalan dengan baik,’’ katanya. (wan/sam/jpnn)

Harapan saya sebagai penulis semoga saja pemerintah segera membuka rektrumen bagi CPNS baru guna mendukung kesejahteraan masyarakat di setiap daerah terpencil di wilayah Indonesia yang masih kekurangan dan membutuhkan peranan guru untuk kepentingan pendidikan dan demi kesejahteraaan masyarakat. Apa lagi telah di prediksi kebutuhan Guru SD tahun 2017 mencapai 188 ribu orang.

Ini bukan jumlah yang sedikit karena peranan seorang guru yang sangat berjasa yang mengabdi pada negara, tanpa guru negara ini bukan apa-apa ,benar kan?

Sekian informasi dari saya mudah mudahan menjadi tambahan manfaat untuk anda semua  dan tanpa mengurangi rasa hormat saya ucapkan terima kasih.

Facebook Comments