Langkah-Langkah Melakukan Metode Pembelajaran Karya Wisata

By | October 26, 2016

Langkah-Langkah Melakukan Metode Pembelajaran Karya WisataDalam sebuah pembelajaran seorang guru wajib menguasai sebuah metode yang akan digunakan untuk kelancaran sebuah proses belajar mengajar. Banyak sekali yang harus dikuasai oleh guru, termasuk metode yang akan saya sampaikan disini adalah salah satunya. Pembahasan yang kali ini akan saya sampaikan untuk anda adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan Metode Pembelajaran Karya Wisata.

Baca Juga : Langkah-langkah Metode Pembelajaran Inquiry di SD

Metode Pembelajaran Karya Wisata adalah sebuah proses penerapan system belajar  yang dilakukan menggunakan media lingkungan. Lingkungan akan dijadikan sebagai objek dari sebuah pembelajaran atau sebagai media dari sebuah pembelajaran karya wisata. Tempat pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan diterangkan oleh guru.

Tujuan pembelajaran karya wisata adalah siswa dapat langsung mempelajari dan menganalisa apa yang ada pada materi yang disampaikan oleh guru sebagai proses sebuah pembelajaran. Dengan harapan siswa mendapatkan sebuah pengalaman ilmiah yang jelas dan benar.

Pembelajaran karya wisata juga termasuka dalam bagian dari RPP (rancangan pelaksanan pembelajaran) yang harus dipenuhi sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan di dalam pendidikan oleh pemerintah.

Baca Juga : 7 Kelebihan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping

Dibawah ini adalah langkah-langkah pembelajaran karya wisata :

  1. Perencanaan pembelajaran dengan tujuan yang jelas dan tegas. Dimaksudkan disini adalah seorang guru terlebih dahulu menyiapkan sebuah perencanaan yang akan dilakukan dalam sebuah pembelajaran karya wisata kepada siswa.
  2. Seorang guru harus membuat sebuah pembelajaran yang jelas dan kongkrit agar bisa diterima dan dipahami oleh siswa. Seorang guru bersama siswa melakukan peninjauan alam/lingkungan yang telah ditetapkan dalam rencana yang dibuat oleh guru. Lingkungan yang dijadikan sebagai objek karya wisata adalah lingkungan yang sesuai dengan proyek pembelajaran. Dalam hal ini guru harus menyiapkan tempat/projek yang tepat untuk dijadikan tempat pembelajaran agar siswa merasa nyaman dan aman. Tentunya siswa dapat langsung mengamati dan merasakan serta memahami apa saja yang terjadi di lingkungan sekitar sebagai pembelajaran.
  3. Penentuan tugas dan tugas yang akan diberikan sebagi pembelajaran. Seorang guru harus memberikan himbauan kepada siswa untuk melakukan sebuah penelitian/pengamatan hal-hal apa saja terjadi di lingkungan tersebut. Siswa diharuskan untuk dapat memahami apa saja yang telah diamati dan diteliti pada saat berada di lingkungan. Siswa juga harus membuat sebuah penilaian terhadap lingkungan dengan arahan penerangan dari seorang guru. Siswa juga diharuskan membuat catatan yang sesuai dengan apa yang diterangkan oleh guru dan hasil pengamatan yang dilakukan oleh siswa itu sendiri sebagai hasil dari pembelajaran karya wisata.
  4. Membuat penilaian pengalaman dari hasil karya wisata yang dilakukan. Dimaksudkan di sini sebagai tahap akhir dari sebuah pembelajaran, tentu saja guru diharuskan untuk melakukan uji pengalaman siswa dari hasil pengalaman karya wisata yang telah mereka lakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan pemberian soal-soal yang berhubungan dengan sebuah pembelajaran karya wisata yang telah dilakukan.

Sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda, terimakasih.

Facebook Comments