Langkah-langkah Metode Pembelajaran Inquiry di SD

By | October 26, 2016

Langkah-langkah Metode Pembelajaran Inquiry di SDSalam sukses untuk anda.

Kali ini saya mempersembahkan sebuah metode pembelajaran yang disebut dengan Metode Pembelajaran Inquiry atau metode belajar penemuan/pemecahan masalah.

Setiap siswa harus menguasai metode pembelajaran inquiry sebagai pembelajaran yang telah ditentukan dalam memenuhi sebuah RPP di setiap sekolah bagi setiap siswa dalam menuntut ilmu.

Metode pembelajaran inquiry adalah sebuah metode belajar yang bisa dibilang sedikit rumit. Hal ini dikarenakan dalam penerapannya membutuhkan sebuah eksperimen yang khusus. Metode ini biasanya digunakan dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam dan matematika. Dalam pelajaran IPA dan matematika sering sekali menggunakan  metode inquiry.

Baca Juga : 7 Kelebihan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping

Dalam pembelajaran metode inquiry tujuannya adalah membuat siswa bisa menyelidiki dan menemukan suatu masalah dengan cara yang sistematis, logis, dan kritis dengan cara menganalisa dengan baik.

Perlu diketahui bahwa setiap metode pembelajaran memiliki strategi khusus yang harus dilakukan guru sebagai pemahaman agar siswa tertarik untuk melakukan sebuah penemuan/pemecahan masalah. Di dalam pembelajaran, sebuah pemahaman dilakukan sebagai fungsi perangsang ketertarikan siswa untuk mengetahui apa yang akan di jadikan sebuah pembelajaran oleh guru. Berikut akan kami jabarkan langkah-langkah melakukan Metode Pembelajaran Inquiry khususnya untuk anda para guru sekolah dasar.

  1. Perumusan masalah. Sebagai tahap awal dalam langkah- langkah metode pembelajaran inquiry seorang guru terlebih dahulu merumuskan sebuah materi persoalan  sebagai bahan yang akan dihadapkan kepada siswa. Tentunya sedikit mengulas sebuah materi sebagai bahan dasar untuk pengarahan siswa dalam menjalankan tugas yang telah diberikan dan disini guru tidak perlu menerangkan dahulu hasil dari sebuah permasalahan dari sebuah perumusan masalah. Tetapi siswa lah yang akan mencari jawaban dari permasalahan tersebut.
  2. Dalam pembelajaran inquiry ini seorang guru harus memberi pertanyaan yang mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi sebuah jawaban hipotesis ( jawaban sementara) terhadap masalah yang dihadapkan. Siswa dituntut untuk melakukan eksperimen/penelitian tahap awal yang menjadi bahan persoalan/permasalahan. Disini guru mengarahkan kepada siswa untuk melakukan diskusi antar siswa dan mencari informasi untuk mendapatkan jawaban sementara. Seperti yang telah dijelaskan oleh guru saat memberikan sebuah masalah pertanyaan pengarah. Disini guru tidak menjelaskan hingga hasil akhir atau jawaban yang sebenarnya. Karena dalam pembelajaran ini hasil dari permasalahan harus ditemukan oleh siswa sebagai hasil dari uji pengetahuan setelah melalui tahap demi tahap nantinya.
  3. Melakukan observasi pada sebuah percobaan. Seorang guru dan siswa secara bersama melakukan analisa atau observasi. Pada tahap eksperimen yang telah dirumuskan, siswa harus menganalisa hasil eksperimen dan membiuat sebuah catatan hasil dari analisa/penelitian. Setelah itu siswa dituntut untuk menganalisa data dan mengumpulkan data hasil dari observasi, informasi, dan diskusi untuk diolah sehingga siwa mendapatkan sebuah teori dan konsep ilmiah dari sebuah pembelajaran. Siswa  mendapatkan jawaban akhir atau jawaban yang sebenarnya.

Demikianlah langkah-langkah untuk melakukan Metode Pembelajaran Inquiry yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan ini ada manfaatnya untuk anda semuanya, khususnya para guru yang ingin menerapkan pembelajaran inkuiri di sekolah anda.

Baca Juga : Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Facebook Comments