Langkah–langkah Melakukan Metode Pembelajaran Problem Solving

By | October 28, 2016

Metode pembelajaran problem solvingSelamat datang, salam sukses selalu untuk anda.

Kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang langkah-langkah melakukan metode pembelajaran problem solving.

Problem solving adalah sebuah pembelajaran yang juga disebut sebagai metode pemecahan masalah. Dalam setiap kasus, untuk memecahkan masalah memang harus menggunakan sebuah metode untuk mendapatkan jawaban yang sesuai.

Baca Juga : Langkah-Langkah Melakukan Metode Pembelajaran Karya Wisata

Problem solving kerap digunakan pada pembelajaran matematika dan ipa untuk menemukan/memecahkan sebuah masalah demi mendapatkan sebuah jawaban dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain-lain.

Adapun yang kami akan bagikan adalah sebuah langkah-langkah yang kami tujukan untuk mengatasi problem anda dalam  belajar.

Sebelum melakukan pembahasan tentang langkah-langkah metode pembelajaran problem solving, saya akan bercerita sedikit disini. Dalam sebuah pembelajaran sebenarnya banyak sekali metode yang dapat digunakan sebagai cara mengajar yang konsisten agar dapat diterima dengan baik oleh siswa agar siswa mampu mendapatkan sebuah teori dan konsep ilmiah dari pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru.

Metode pembelajaran problem solving adalah sebuah sistem pembelajaran yang digunakan untuk melakukan sebuah pembelajaran dengan tujuan pemecahan masalah. Dimaksudkan disini adalah sebelum seorang guru melakukan sebuah pengajaran, seorang guru terlebih dahulu dapat merencanakan materi atau rencana pelaksanaan pembelajaran.

Baca Juga : Langkah-langkah Metode Pembelajaran Inquiry di SD

Seorang guru tentunya telah memahami setiap alur permasalahan, sehingga menghasilkan sebuah pembelajaran yang konsisten dan relevan yang akan dijadikan sebagai materi persoalan dan dapat diterima oleh siswa dengan baik dalam penguasaan metode.

Menurut ahli, metode pembelajaran problem solving adalah sebuah metode pembelajaran yang menyajikan sebuah materi dengan menjadikan sebuah masalah sebagai titik tolak pembahasan yang harus dipecahkan oleh siswa dengan cara menganalisa dan mensintetiskan sebuah permasalahan.

Disini akan saya terangkan detail langkah-langkah melakukan pembelajaran dengan metode problem solving. Agar anda lebih mudah untuk mengimplementasikan metode ini  ke dalam sistem pembelajaran yang akan anda jadikan sebagai metode pembelajaran di sekolah.

  1. Permasalahan. Menyiapkan sebuah materi yang akan dijadikan sebagai bahan pemecahan masalah. Masalah yang di berikan harus disesuaikan dengan taraf kemampuan siswa.
  2. Pemberian soal. Memberikan sebuah soal permasalahan kepada siswa untuk dijadikan sebagai materi yang harus dipecahkan masalahnya. Masalah yang diberikan harus relevan dan konsisten agar dapat diterima sesuai kemampuan siswa.
  3. Hipotesis. Siswa diharapkan mampu menemukan sebuah jawaban sementara. Untuk mendapatkan sebuah jawaban hipotesis siswa harus mencari informasi dari berbagai sumber.
  4. Pembuktian. Dalam metode pemecahan masalah, siswa diharuskan untuk membuktikan apa yang telah didapatkan sebagai jawaban sementara dengan melakukan sebuah uji percobaan atau eksperimen untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut. Jadi ditahap ini siswa harus mengumpulkan sebuah data dari hasil penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan kebenaran dari jawaban hipotesis.
  5. Menyimpulkan hasil jawaban yang telah didapatkan. Setelah melalui tahap demi tahap pemecahan masalah, siswa harus mampu mendapatkan sebuah jawaban benar atau tidaknya dari permasalahan tersebut.
  6. Hasil. Dari sebuah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu mendapatkan sebuah pengetahuan dan pengalaman yang dapat digunakan untuk mencari sebuah jawaban dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Sekian pembahasan dari kami tentang cara melakukan metode pembelajaran problem solving di dalam kegiatan belajar mengajar anda di sekolah, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk anda.

Salam sukses dan terimakasih.

Facebook Comments