7 Kelebihan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping

By | October 11, 2016

Pembelajaran Mind MappingSalam sukses untuk anda semoga sedang dalam keadaan sehat.

Selamat datang di situs kami. Berhubungan dengan dunia pendidikan yang semakin berkembang, kali ini artikel yang akan saya bahas adalah tentang manfaat serta kelebihan menggunakan pembelajaran mind mapping atau dalam bahasa indonesianya adalah peta pikiran /pemetaan pikiran.

Yang dimaksud pembelajaraan mind mapping disini adalah sebagai penemuan baru yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang lebih efisien bagi seseorang yang memiliki pekerjaan dan juga pelajar. Ya iyalah kalo pengangguran buat apa pake metode hehehe…, Emangnya ada metode nganggur.

Sering terjadi seorang guru pembelajar mendapatkan permasalahan pada siswanya. Dalam pembahasan materi dan merangkum materi yang telah diajarkan sebagai catatan. Namun siswa itu sendiri merasa kesulitan saat mempelajarinya. Yang dimaksudkan disini bukan guru yang tidak bisa menerangkan, tetapi mempermudah siswa dalam pembelajaran dan menuliskan rangkuman materi-materi yang sudah dipelajari. Nah disini dengan manfaat serta kelebihan menggunakan metode pembelajaran mind mapping diharapkan siswa mampu menangkap dan menyimpan informasi lebih cepat dan lebih baik.

Saat ini pembelajaran mind mapping sudah banyak diterapkan oleh para guru untuk siswanya. Mengingat banyak sekali manfaat dan kemudahan yang di dapatkan dari metode pembelajaran mind mapping ini. Simak detail manfat dan kelebihan di bawah ini:

  1. Membantu siswa dalam merangkum informasi informasi penting yang didapatkan dalam pembelajaran menggunakan sebuah kata kunci yang diinginkan.
  2. Membantu siswa mempermudah dalam membuat suatu hubungan antara ide-ide visual dengan fakta.
  3. Mampu menjaga semua memori pikiran (mind memori) dalam satu lembar dan secara otomatis saat kita ingin meninjau kembali pada catatan yang telah tersimpan akan lebih mudah mengingat dengan jelas.
  4. Mampu menghasikan berbagai ide yang lebih akurat, cepat, dan tepat.
  5. Mempercepat sistem kerja otak dalam membuat rencana sesuai topik untuk hasil yang optimal.
  6. Membantu proses berfikir secara logis dan tidak bertele-tele atau membantu berfikir fokus dan jernih dan mudah konsentrasi melihat topik.
  7. Mampu menghubungkan ide utama dengan struktur-struktur yang saling berhubungan.
  8. Membantu menghemat waktu dalam pembelajaran dan menjadikan sistem kerja otak lebih efisien.
  9. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menjelaskan berbagai macam ide atau topik yang telah dipelajari.

Menurut informasi dari redaksi, seorang bernama Inichael inichalko mengatakan bahwa pembelajaran mind mapping dapat mengaktifkan sistem seluruh otak. Tentunya masih banyak sekali manfaat serta kelebihan menggunakan pembelajaran mind mapping yang mungkin kita dapatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Itulah manfaat serta kelebihan menggunakan pembelajaran mind map.

Sekian artikel yang bisa saya tuliskan untuk anda, semoga membawa manfaat dan mampu memberikan banyak perubahan seperti yang telah saya sampaikan.

Facebook Comments