Wajib Baca!! Usia Anak yang Tepat Untuk Masuk SD

By | October 10, 2016

Usia yang Tepat Untuk Masuk SDSering kali saya temukan pertanyaan-pertanyan yang menjadi alasan saya menuliskan artikel kali ini.

Ini menurut yang saya dengar pada pendaftaran sekolah awal tahun ini. ada tetangga saya yang mengatakan sebagai berikut:

“Kenapa anak saya umur 6 tahun kok belum bisa masuk SD?“

“Anak saya 7 tahunya kurang 2 bulan kok belum bisa daftar SD?”

Apa si yang menjadi alasan pemerintah saat ini dalam program pendaftaran anak masuk sekolah dasar? Lalu berapa usia yang tepat untuk masuk SD? Semoga artikel yang akan saya bagikan kali ini untuk anda dapat memberikan pengetahuan dan manfaat.

Hal ini didasarkan pada usia anak dan perkembangan anak. Pada usia anak dibawah 7 tahun mereka masih banyak menginginkan waktu bermain  dan butuh kematangan dari anak untuk menjalankan tugas sekolah, dengan tanggung jawab yang harus mulai di lakukan saat ia duduk di bangku sekolah dasar.

Meskipun anak telah melalui dasar-dasar pembelajaran pada waktu si anak berada di pendidikan anak usia dini (PAUD), termasuk sekolah bermain atau taman kanak-kanak (TK). Sebelum mereka mencapai batas usia 7 tahun mereka tetap belum dapat diterima di sekolah dasar. Karena jelas sekali perbedaan anatara SD dan TK/PAUD.

Memang tidak semua anak di bawah usia 7 tahun mengalami perkembangan yang sama. Meskipun terkadang ada anak di bawah 7 tahun yang memiliki perkembangan intelektual yang sangat pesat, bahkan  memiliki tingkat kecerdasan dan bakat yang lebih tinggi dari anak usia 7 tahun. Bisa dibilang anak tersebut memiliki kelebihan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut pengalaman para guru yang sudah bertahun-tahun mengajar di SD (sekolah dasar), mengatakan bahwa dari kebanyakan yang di temui pada anak di usia 7 tahun meskipun tidak memiliki sertifikat dari TK mereka lebih mudah dibawa dan diarahkan untuk menerima proses pembelajaran. Hal ini berbeda dengan anak pada umur 6 tahun atau kurang dari 7 tahun. Meskipun mereka telah bersertifikat TK mereka masih sulit dibawa untuk diarahkan ke proses pembelajarannya.

Menurut pemerintah dinas pendidikan, untuk program wajib belajar usia anak sekolah dasar adalah saat usia 7 tahun setelah melalui program 1 tahun belajar di taman kanak kanak (TK). Jadi pemerintah sendiri sudah mengatakan bahwa Usia yang Tepat Untuk Masuk SD adalah saat anak berusi 7 tahun.

Dalam pemahaman kali ini, pada saat usia anak 7 tahun adalah waktu yang pas. Karena dianggap secara fisik, psikis/mental untuk aktifitas mereka sudah siap untuk menjalani pembimbingan di sekolah dasar. Sebagai posisi anak yang duduk di bangku sekolah dasar dan lebih mudah diarahkan untuk melakukan kegiatan belajar dan aktifitas di sekolah sampai waktu siang hari.

Sekian dari kami, semoga artikel ini memberikan pemahaman dan manfaat bagi anda yang masih sering bertanya tentang Usia yang Tepat Untuk Masuk SD sebagai pertimbangan untuk anda sebelum mensekolahkan anak anda.

Salam sukses dan terima kasih.

Facebook Comments